EVALUASI IMPLEMANTASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK PERORANGAN DAN WARALABA WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019

  • Yoga Dwi Saputra Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
  • Nabela Febi Choirunnisa Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
  • Zha Zha Arisca Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
Keywords: Pegelolaan Obat, Apotek, Perorangan, Waralaba, Kota Yogyakarta

Abstract

    Kegiatan pelayanan farmasi yang semula berfokus pada pengelolaan obat sebagai komoditi harus diubah menjadi pelayanan yang komprehensif dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien termasuk pelayanan kefarmasian di apotek. Semakin banyaknya apotek yang berbentuk waralaba dibandingkan dengan apotek Perorangan membuat persaingan ekonomi dan pelayanan farmasi semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi implementasi standar pelayanan kefarmasian antara apotek Perorangan dan apotek waralaba.
  Jenis penelitian ini adalah observasional pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tentang implementasi standar pelayanan kefarmasian di apotek. Responden pada penelitian ini adalah apoteker yang berpraktek di apotek dengan jumlah sebanyak 28 orang yang terbagi menjadi 21 orang apoteker apotek Perorangan dan 7 apoteker apotek waralaba. Analisa data dilakukan dengan cara menghitung jumlah setiap jawaban responden, kemudian dibuat peresentase dan data disajikan dalam bentuk tabel perbandingan dan evaluasi implementasi Permenkes RI No. 73 tahun 2016, dan di uji dengan menggunakan SPSS tipe 16 menggunakan uji Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney, serta dideskripsikan dalam bentuk narasi.
  Hasil Penelitian ini apotek Peroranganan dan apotek waralaba di Kota Yogyakarta dalam mengimplementasikan Standar Pelayanan Kefarmasian telah sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek. Persentase yang diperoleh apotek Perorangan sebesar 76,34 % dan apotek waralaba sebesar 82,97%. Dalam implementasi Standar Pelayanan Kefarmasian tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pelayanan kefarmasian di apotek Peroranganan dan waralaba di wilayah Kota Yogyakarta terbukti dari nilai sig. (2-tailed) 0.103 > 0,05.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Atmini, Kuswardani Dwi., Ibnu Gholib Gandjar,. Ahmad Purnomo. 2011. Analisa Aplikasi Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Yogyakarta. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Dinkes Yogyakarta, 2015. Profli Kesehatan Kota Yogyakarta. Yogyakarta.

Galih, 2007 “Apotek; bisnis basah di samudra biru”, Pharmacy Business; an overview of pharmacy related and healthcare industry

Handayani RS, Raharni, Retno G. 2009. “Persepsi Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Apotek Di Tiga Kota Di Indonesia”. Makara Kesehatan. Volume 13(1). Jakarta.

Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia. 2009. Keputusan Kongres Nasional XVIII/2009 Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia Nomor 006/KONGRES XVIII/ISFI/2009 Tentang Kode Etik Apoteker Indonesia. Jakarta.

Istiqomah, Fatimah Nur, 2012, Evaluasi Implementasi Standar Pelayanan Kefarmasian Oleh Apoteker, Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi (JMPF)

Kemenkes RI, 2016, Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek, Jakarta.

Kemenkes RI, 2017, Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 tentang Apotek, Jakarta.

Kota, Nur Putri, 2012, Apotek Mandiri VS Apotek Waralaba, https://www.kompasiana.com/nurputrikoto/551022a6813311aa39bc6051/apotek-mandirivs-apotek-waralaba, diakses pada 14 Agustus 2019

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmajati, Monica arum., 2007. “Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Berdasarkan Kepmenkes RI No.922/Menkes/Per/X/1993 Di Kota Yogyakarta”. Skripsi. Falkutas Farmasi. Universitas Sanata Dharma.

Published
2019-09-30
How to Cite
Dwi Saputra, Y., Febi Choirunnisa, N., & Arisca, Z. Z. (2019). EVALUASI IMPLEMANTASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK PERORANGAN DAN WARALABA WILAYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019. Jurnal Kefarmasian Akfarindo, 11-20. Retrieved from http://jofar.afi.ac.id/index.php/jofar/article/view/64
Section
Artikel