GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN UNIT FARMASI RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH GANJURAN BANTUL PERIODE NOVEMBER – DESEMBER 2017

  • Dyah Taufika Sari Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
  • Sunardi Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
  • Harti Astuti Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
  • Agustina Susilowati Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
Keywords: Kepuasan, Pasien, Pelayanan Farmasi

Abstract

   Instalasi farmasi adalah tempat pelayanan kefarmasian untuk melakukan praktek kefarmasian oleh apoteker dan penyaluran sediaan farmasi kepada masyarakat. Salah satu indikator untuk mengevaluasi kualitas pelayanan farmasi adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan unit farmasi di Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran Bantul.
   Jenis penelitian ini adalah deskriptif non eksperimental, menggunakan instrumen kuesioner, sebanyak 100 responden yang di survei di unit farmasi rawat jalan Rumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran Bantul. Kuesioner mengacu kepada dimensi kualitas pelayanan yang meliputi reliability, responsivenesess, assurance, empathy, tangible. Data disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.
   Hasil penilaian terbanyak kepuasan pasien pada dimensi reliability (keandalan) 60,50% puas, dimensi responsiveness (daya tanggap) 55,50% puas, dimensi assurance (jaminan kepastian) 54,00% puas, dimensi empathy (empati) 58,25% puas, dan dimensi tangible (bukti fisik) 52,50% puas.

References

Anonim, 2004, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 1197/MENKES/SK/X/2004 Tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Anonim, 2008, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 129/MENKES/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Anonim, 2009, Undang-Undang Republik Indonesia nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, Jakarta.

Anonim, 2016, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Anonim, 2017, Data Kunjungan Unit Farmasi Tahun 2017, Unit Farmasi, Yogyakarta

Aprilia, E., 2008,Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Sragen, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Jasfar, F., 2005, Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Bogor.

Kotler, P., 2000,Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P., 2005,Manajemen Pemasaran (Terjemahan), PT. INDEKS Kelompok Media, Jakarta.

Kurniasih, R.,2012,Evaluasi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Di Apotek Instalasi Farmasi RS. A Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Naskah publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Notoatmodjo, S., 2012, Metode Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Siregar, C.J.P dan Amalia, L., 2004. Farmasi Rumah Sakit : Teori dan Penerapan, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Sugiyono, 2012,Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Supranto, J., 2011,Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta.

Published
2019-03-30
How to Cite
Dyah Taufika Sari, Sunardi, Harti Astuti, & Agustina Susilowati. (2019). GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN UNIT FARMASI RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH GANJURAN BANTUL PERIODE NOVEMBER – DESEMBER 2017. Jurnal Kefarmasian Akfarindo, 20-24. https://doi.org/10.37089/jofar.v0i0.50
Section
Article