GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI DI INSTALASI RAWAT JALAN RS BHAYANGKARA POLDA DIY BULAN MARET 2018

  • Ninda Risky Mahesti Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
  • Agustina Susilowati Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
Keywords: Tingkat Kepatuhan, Hipertensi, Antihipertensi

Abstract

   Hipertensi disebut juga sebagai the silent disease karena penderita hipertensi cenderung tidak mengetahui bahwa dirinya menderita hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Pasien hipertensi diharuskan mengonsumsi obat secara teratur untuk mencegah terjadinya penyakit komplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepatuhan minum obat pasien hipertensi di Instalasi Rawat Jalan RS Bhayangkara POLDA DIY.
   Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang bersifat analitik menggunakan kuisioner dengan sampel sebanyak 80 pasien hipertensi dari poli spesialis penyakit dalam. Analisa data pada penelitian ini dilakukan dengan penilaian skor kuisioner tertutup tentang kepatuhan yang diperoleh dari 10 pertanyaan dengan jumlah skor antara 1-13. Hasil dari penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan diagram.
   Hasil penelitian menunjukkan dari 80 pasien hipertensi di Instalasi Rawat Jalan RS Bhayangkara POLDA DIY yang memiliki tingkat kepatuhan sedang yaitu sebanyak 16% dan yang memiliki tingkat kepatuhan tinggi yaitu sebanyak 84%.
   Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kepatuhan minum obat antihipertensi di Instalasi Rawat Jalan RS Bhayangkara POLDA DIY adalah tinggi.

References

Depkes RI, 2009, Profil Kesehatan Indonesia 2008, Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Mutmainah N.,Mila R.,2010, Hubungan antara kepatuhan penggunaan obat dan keberhasilan terapi pada pasien hipertensi di rumah sakit daerah Surakarta tahun 2010,Jurnal Farmasi Indonesia PHARMACON, Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Puspita,Exa,2016,Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penderita hipertensi dalam menjalani pengobatan,Skripsi,Jurusan Ilmu Kesehatan,Fakultas Ilmu Keolahragaan,Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Wijayanto W.,Prijono S.,2014, Hubungan tingkat pengetahuan komplikasi hipertensi dengan keteraturan kunjungan penderita hipertensi usia 45 tahun keatas,Jurnal berkala epidemiologi volume 2,Departemen Epidemiologi Fakultas kesehatan masyarakat,Universitas Airlangga, Surabaya, JawaTimur.

Published
2019-03-30
How to Cite
Ninda Risky Mahesti, & Agustina Susilowati. (2019). GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI DI INSTALASI RAWAT JALAN RS BHAYANGKARA POLDA DIY BULAN MARET 2018. Jurnal Kefarmasian Akfarindo, 15-19. https://doi.org/10.37089/jofar.v0i0.49
Section
Article