TINGKAT PENGETAHUAN ANTIBIOTIK DI DESA NGLIPAR LOR RT 02/RW03, NGLIPAR, GUNUNGKIDUL

  • Sri Dadi Wiharti Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
  • Vitenza Pramudhitasari Nuruddin Program Studi Diploma III Farmasi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
Keywords: Pengetahuan, Resistensi, Antibiotik

Abstract

    Antibiotik merupakan obat yang paling banyak digunakan pada infeksi yang disebabkan oleh bakteri,namun di lapangan masih banyak ditemukan bahwa juga digunakaan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus. Intensitas penggunaan yang tinggi dapat menimbulkan resistensi bakteri terhadap antibiotik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang tingkat pengetahuan masyarakat tentang penggunaan antibiotik di desa Nglipar Lor RT02/RW03.
    Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian non-eksperimental yang tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu secara purposive menggunakan kuisioner.Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 orang.Variabel yang akan diteliti adalah berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan dari warga.
    Berdasarkan jenis kelamin, antara laki-laki dan perempuan yang memiliki pengetahuan baik tentang penggunaan antibiotic adalah perempuan. Berdasarkan usia warga, tingkat pengetahuan yang baik terdapat pada range usia antara 25-50 tahun, Berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan baik didapatkan dari warga dengan latar belakang pendidikan lulusan SMA dan SMK. Dari ketiga variable penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa warga desa Nglipar Lor RT 02/RW03 memiliki pengetahuan yang baik dan mengerti tentang penggunaan antibiotic dengan baik dan benar.

Published
2018-09-29
How to Cite
Sri Dadi Wiharti, & Vitenza Pramudhitasari Nuruddin. (2018). TINGKAT PENGETAHUAN ANTIBIOTIK DI DESA NGLIPAR LOR RT 02/RW03, NGLIPAR, GUNUNGKIDUL. Jurnal Kefarmasian Akfarindo, 25-28. https://doi.org/10.37089/jofar.v0i0.43
Section
Article