GAMBARAN POLA PERESEPAN HIPERTENSI PADA PASIEN GERIATRI DI PUSKESMAS GONDOKUSUMAN I PERIODE AGUSTUS 2016

  • Sri Dadi Wiharti Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
  • Nelly Astuti Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta
Keywords: geriatrik, hipertensi, pola penggunaan obat, kesesuaian pemilihan obat, JNC VII

Abstract

Pasien geriatrik adalah pasien lanjut usia yang perlu adanya antisipasi karena seiring bertambahnya usia, fungsi fisiologis mengalami penurunan akibat proses degenerasi sehingga tubuh rentan terhadap penyakit dan infeksi penyakit menular. Salah satu penyakit degeneratif yang banyak dijumpai pada lansia yaitu hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan obat dan kesesuaian pemilihan obat hipertensi primer pada pasien geriatrik dibandingkan dengan guideline JNC VII di Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta Periode Agustus 2016.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan deskriptif evaluatif yang bersifat retrospektif. Subjek penelitian adalah data rekam medik pasien yang  mengalami hipertensi primer dengan usia ≥60 tahun, terdiagnosis hipertensi primer, menggunakan obat hipertensi, dan tercatat di lembar rekam medis Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta periode Agustus 2016. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel dan atau grafik.

Jumlah data dalam penelitian adalah sebanyak 98 pasien. Karakteristik pasien berdasarkan jenis kelamin terbanyak adalah perempuan (59%), berdasarkan usia adalah 60-69 tahun, dan berdasarkan penyakit penyerta terbanyak adalah dispepsia ( 10,2%). Antihipertensi yang paling banyak digunakan adalah golongan Calcium Channel Blocker (CCB) (61,2%) dengan obat yang digunakan adalah amlodipin. Penggunaan amlodipin lebih dipilih karena sangat efektif pada pasien lanjut usia dengan hipertensi sistolik terisolasi dan mempunyai kemampuan yang baik dalam menurunkan tekanan darah dalam waktu singkat. Pemilihan antihipertensi di Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta sesuai dengan guideline JNC VII.

Penggunaan antihipertensi di Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta pada bulan Agustus 2016 terbanyak adalah golongan CCB (61,22%) dengan obat yang digunakan adalah amlodipin. Pemilihan antihipertensi di Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta sesuai dengan guideline JNC VII.

Published
2017-09-30
How to Cite
Sri Dadi Wiharti, & Nelly Astuti. (2017). GAMBARAN POLA PERESEPAN HIPERTENSI PADA PASIEN GERIATRI DI PUSKESMAS GONDOKUSUMAN I PERIODE AGUSTUS 2016. Jurnal Kefarmasian Akfarindo, 1-8. https://doi.org/10.37089/jofar.v0i0.19
Section
Article