TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI APOTEK SELAKAU FARMA

  • Nurul Masyithah Program Studi Sarjana Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sambas
  • Aminudin Program Studi Sarjana Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sambas
Keywords: realibility, responsiveness, assurance, empathy, tangibles

Abstract

   Apotek merupakan suatu sarana untuk melakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat umum. Salah satu indikator untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan adalah pengukuran kepuasan pengguna jasa kesehatan. Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang dengan membandingkan antara kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapan. Mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan farmasi di Apotek Selakau Farma.

   Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan kuisioner kepuasan meliputi realibility (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (Jaminan), empathy (empati), tangibles (dimensi berwujud). Hasil kuesioner di ukur menggunakan skala Likert. Subyek penelitian adalah pasien yang berkunjung ke Apotek Selakau dalam periode 1 bulan. Jumlah subyek penelitian ditentukan dengan rumus Slovin. Data di analisis secara deskriptif pada tiap variabel berdasarkan persentase responden yang menyatakan puas.

  Berdasarkan penilaian Analisis secara keseluruhan menyatakan pasien yang berkunjung ke apotek Selakau Farma merasa puas terhadapat pelayanan kefarmasian yang diberikan. Pernyataan ini ditunjukkan dari tingkat keseluruhan indikator memiliki nilai >90% yaitu dari dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan fasilitas berwujud.

References

Arkinto, S. 2006. Procedur penelitian suatu pendekatan praktik. (cetakan ke-13) (Edisi revisi ke-6). PT. Rineka Cipta. Jakarta. Hal: 73, 130-13.

Helni. 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek Di Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora. 17(2). 01-08

Isnindar, Ilham Saputra dan Robiyanto. 2013. Analisis tingkat kepuasan pasien rawat inap di Ruangan penyakit dalam terhadap pelayanan di instalasi farmasi rumah sakit periode Desember 2011-Februari 2012. Jurnal manajemen dan pelayanan farmasi. 3(4): 231-248.

Kotler, P and Keller, K.L. 2009. Marketing Management : 13th edition, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kristanti, ND., Sumarni, & Wiedyaningsih, C. 2015. Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Era Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. 5(2). 72-79

Novaryatiin, S,. Ardhany, SD., dan Aliyah, S. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rsud Dr. Murjani Sampit, Borneo Journal of Pharmacy. I: 22-26

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Utami, SA., dan Cholisoh, Z. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kabupaten Rembang. Pharmacon: Jurnal Farmasi Indonesia. 14 (2): 54-61
Published
2021-09-30
How to Cite
Masyithah, N., & Aminudin. (2021). TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI APOTEK SELAKAU FARMA. Jurnal Kefarmasian Akfarindo, 28-35. https://doi.org/10.37089/jofar.vi0.105
Section
Article